Innoque Advanced Multimedia Queue System (AMQS) V.7.0

Innoque Advanced Multimedia Queue System (AMQS Ver. 7.0)

sebuah sistem antrian multimedia yang dapat memberikan hiburan dan informasi kepada pengunjung. Tiket Dispenser Unit (TDU) dan Counter Station Unit (CSU) menggunakan mikrokontroller yang menjamin kestabilan kerjanya.

CSU pada versi ini memiliki beberapa feature : store, restore, transfer, break, call, recall, dan skip. sedangkan TDU dapat melayani maksimal 8 layanan dan 32 loket pemanggil.

Sistem antrian ini dapat kami rekomendasikan untuk kantor kantor sebagai berikut:

1. Pukesmas, rumah sakit: type pelayanan (pendaftaran, ruangan periksa atau spesialis, dan apotek)

2. Bank: type pelayanan (Customer Service, teller, Kredit)

3. Samsat, Satpas: type pelayanan (Pendaftaran, pembayaran, pengambilan, uji teori, pengambilan foto SIM, Uji Praktik SIM)

4. Kantor Pelayanan Pajak : type pelayanan (NPWP karyawan, NPWP Non karyawan, NPWP Badan usaha, HelpDesk)

5. BPN : type layanan (Pendaftaran, konsultasi, info berkas, pengukuran, pembayaran, pengambilan)

Cara Kerja :

Group Function :

Innoque AMQS Diagram :

Kedatangan

Pelanggan memilih jenis layanan yang diperlukan dengan menekan tombol di mesin tiket. Kemudian mesin tiket akan mengeluarkan kertas berisikan nomor antrian beserta nomor loket yang harus dituju.

Menunggu antrian

Pelanggan yang sudah memiliki nomor antrian dapat menunggu di ruang tunggu yang telah disediakan. Pelanggan akan dimanjakan dengan berbagai macam hiburan dan informasi melalui tayangan film-film box office, video klip, TV ataupun TV belangganan.

Pelayanan

Staff pelayanan yang telah selesai memberikan layanan kepada pelanggan akan menekan tombol yang telah disediakan untuk memanggil pelanggan berikutnya.
nomor antrian yang akan dilayani akan diinformasikan kepada pelanggan secara visual (multimedia display) maupun audio (voice announcement).

Group Function

Group Function dapat diatur sesuai dengan kebutuhan pelayanan yang disediakan. Misal terdapat group function : Penyerahan dokumen, Pembayaran, Pengambilan dokumen.

Ketika pelanggan sudah mengambil nomer antrian di bagian Penyerahan dokumen dan telah menyerah dokumen, maka secara otomatis nomer antrian pelanggan tersebut akan diantrikan secara otomatis ke bagian pembayaran.
Hal ini juga berlaku ketika setelah selesai melakukan pembayaran, maka nomer antrian akan diantrikan secara otomatis ke bagian Pengambilan dokumen.

Advanced Multimedia Queue Software

Perangkat lunak yang berfungsi sebagai pusat kendali untuk Advanced Multimedia Queue System. Perangkat lunak ini dihubungkan dengan tombol yang berada di tiap counter / loket yang berfungsi untuk memanggil nomor antrian berikutnya. Pemanggilan nomor antrian diinformasikan melalui tayangan di TV / Monitor dan melalui audio dengan menggunakan suara manusia yang dihasilkan secara otomatis oleh Advanced Multimedia Queue Software.

Selain mengatur sistem antrian, perangkat lunak ini juga mampu menyuguhkan hiburan kepada pelanggan melalui tayangan Video, iklan video, video klip, acara TV ataupun TV berlangganan.
(Acara TV dan TV kabel memerlukan tambahan perangkat TV Tuner)

Ticket Dispenser Unit (TDU)

Perangkat keras yang berfungsi sebagai mesin penghasil tiket / nomor antrian. Alat ini memiliki tombol yang berfungsi untuk memilih jenis layanan yang tersedia.

TDU mampu mencetak logo perusahaan, tanggal, jumlah antrian, ataupun informasi produk-produk layanan terbaru.

Display Utama

Perangkat keras (LCD TV, TV Plasma ataupun Monitor LCD dalam berbagai ukuran) yang berfungsi untuk menampilkan informasi panggilan antrian dan tayangan hiburan. Terhubung dengan port VGA, HDMI atau DVI.

Counter Station Unit (CSU-02)

Perangkat keras yang berfungsi sebagai tombol untuk memanggil nomor antrian berikutnya. Terdiri dari beberapa tombol, seperti store, restore, transfer, break , call, recall, dan skip.

 

Counter Display Unit (CDU-02) [Optional]

CDU merupakan perangkat keras yang berfungsi untuk menampilkan nomor antrian yang akan atau sedang dilayani, yang diletakan dimasing-masing counter. Dengan berbekal Dot-Matrix 2 inch dan 7 Segment 1 inch. Jadi fungsi CDU hampir sama seperti Main Display.CDU terdiri dari 2 sisi tampilan informasi, sisi depan digunakan untuk menampilkan informasi kepada pelanggan sedangkan sisi belakang digunakan untuk menampilkan informasi kepada staff.

Komputer

Perangkat keras yang berfungsi sebagai pusat kendali Advanced Multimedia Queue System.
Komputer ini memerlukan sistem operasi berbasis Windows 2000/XP/Vista/Win7 agar dapat menjalankan program Advanced Multimedia Queue Software.

Spesifikasi minimum komputer yang diperlukan :

  • Pentium 4 Dual Core 2,8 Ghz atau setara
  • Memori 1024 MB
  • Hard disk 20 GB
  • Memiliki port USB
  • Terintegrasi dengan sound card dan speaker
  • TV Tuner (optional)
  • CD-ROM Drive
  • OS Win 2K, XP, Vista, Win 7

TV Tuner [optional]

Perangkat keras yang berfungsi untuk menampilkan acara TV ataupun TV berlangganan.

Fitur Produk

  • Mengatur antrian sampai dengan 8 jenis layanan dari 32 counter yang tersedia.
  • Menghitung nomor antrian dari 0001 sampai dengan 9999, setelah itu kembali lagi ke nomor 0001.
  • Tersedia 6 macam template siap pakai untuk mengatur tampilan.
  • Dapat melakukan pemanggilan nomor antrian berikutnya (next), pemanggilan ulang nomor antrian (recall) dan melewati nomor antrian (skip).
  • Memiliki fitur Group Function untuk jenis layanan yang memiliki beberapa tahapan dalam pengurusannya.
  • Terdapat 3 macam jenis Group Function yang dapat digunakan.
  • Pengaturan Group Function melalui computer server.
  • Display utama dapat menggunakan LCD TV, TV Plasma ataupun Monitor LCD.
  • Menggunakan mesin tiket otomatis berbasiskan thermal printer.
  • Tiket nomor antrian dapat dilengkapi dengan logo perusahaan, keterangan waktu ataupun keterangan perihal produk-produk layanan terbaru.